Senin, 16 Maret 2020

Syarat Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan Agar Cepat Disetujui


Kondisi perekonomian yang tidak stabil menyebabkan masyarakat kesulitan dalam memenuhi kebutuhannya. Mencari pinjaman bunga rendah merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan. Terutama apabila sedang ada kebutuhan yang mendesak. Akan tetapi, masalah yang terjadi yaitu apabila kita tidak memiliki jaminan untuk mengajukan pinjaman ke bank.

Terdapat beberapa pilihan produk pinjaman tanpa jaminan yang ditawarkan oleh bank, dan disesuaikan dengan kemampuan calon nasabah. Namun, Anda juga bisa mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan lainnya selain bank, biasanya pinjaman yang ditawarkan merupakan pinjaman jangka pendek dengan jumlah pinjaman berkisar 3-5 juta.

Syarat Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan Agar Cepat Disetujui

Syarat-Syarat Mengajukan Pinjaman
Syarat dan proses pinjaman uang cukup mudah dilakukan, bahkan proses pengajuannya bisa dilakukan secara online. Meskipun prosesnya dilakukan secara online, akan tetapi tetap ada prosedur dan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk memperoleh pinjaman.

Berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon nasabah untuk mendapatkan pinjaman :
1.     WNI (Warga Negara Indonesia)
Pinjaman tanpa jaminan disediakan untuk Warga Negara Indonesia. Dokumen utama yang harus dimiliki yaitu Kartu Tanda Penduduk Warga Negara Indonesia, dan harus menetap atau tinggal di negara Indonesia.

2.     Batas Usia
Batas usia yang diberlakukan untuk bisa melakukan peminjaman yaitu 21 – 60 tahun. Namun ada pula perusahaan penyedia jasa peminjaman yang memberikan kelonggaran yakni batas usia minimal 18 tahun. Akan tetapi, sebaiknya Anda jangan melakukan peminjaman apabila usia Anda belum genap 21 tahun.

Hal ini berkaitan dengan pola pikir, usia 21 tahun dengan usia 18 tahun tentu memiliki kematangan pola pikir yang berbeda.  Selain itu, apabila usia telah mencapai 21 tahun, pemahaman terhadap persyaratan pengajuan pinjaman akan lebih baik, serta adanya kesiapan menanggung segala risiko yang akan dihadapi selama periode mengangsur.

3.     Batas Penghasilan
Setiap perusahaan penyedia jasa peminjaman memiliki kebijakan yang berbeda terkait batas minimal penghasilan tetap calon nasabahnya. Di samping kebijakan internal perusahaan, kondisi ekonomi daerah juga turut mempengaruhi batas minimal penghasilan tetap calon peminjam. Sehingga UMR merupakan standar yang diberlakukan.
Apabila penghasilan tetap di atas UMR, maka besar kemungkinan pengajuan peminjaman disetujui. Sebaliknya, apabila jumlah penghasilan tetep di bawah UMR, pengajuan pinjaman akan sulit disetujui.
4.     Limit Pinjaman
Pinjaman tanpa jaminan merupakan pinjaman jangka pendek yang berkisar antara 15 – 30 hari. Jumlah pinjaman yang ditawarkan berkisar antara Rp 3 – 5 juta. Beban bunga yang diberikan yaitu 1% per hari,
5.     Slip Gaji
Pinjaman tanpa jaminan sanat cocok bagi Anda yang telah memiliki penghasilan tetap namun tidak memiliki barang berharga sebagai jaminan. Karena Anda cukup melampirkan surat keterangan bekerja sebagai berkas kelengkapan dokumen.

Beberapa persyaratan tersebut tidaklah sulit dilakukan namun harus tetap terpenuhi apabila Anda hendak mengajukan pinjaman tanpa memerlukan barang berharga sebagai jaminan.
Maret 16, 2020Unknown